Proses Penerimaan Barang Masuk Gudang

Pantauan di lokasi kejadian, api terlihat muncul di salah satu sudut bagian depan gudang. Jika ada proses yang detail, juga bisa dimasukkan, misal pengecekan kondisi barang yang diterima. Catatan lain misalnya siapa yang berhak menerima barang, kemudian adakah penanda proses serah terima barang (dokumen misalnya).

Mohon saran & masukan nya untuk pengelolaan gudang barang rental (lighting&LED bigscreen) sebaiknya SOP yg perlu dijalankan baik pengeluaran barang / penerimaan barang(barang kembali setelah pemakaian) sebaiknya seperti apa ya?(secara garis besar nya saja). gudang dijual surabaya waringin warehouse Setelah itu pada saat proses bongkar di gudang juga disaksikan oleh driver yang sama-sama mengecek jumlah barang yang diterima oleh pihak gudang. Sebagai contoh misalnya dalam proses penyiapan barang dari supplier, selanjutnya barang yang telah disiapkan harus dicek bersama antara supplier dan driver, ketika barang sudah di atas kendaraan maka barang sudah menjadi tanggung jawab driver.

Tahap awalnya dibuatkan flow dari setiap proses, mulai dari proses pengeluaran barang, proses menaikkan barang ke kendaraan, proses pengiriman barang hingga proses bongkar di gudang. Kemungkinan trbesar,barang yg di kirim oleh supplier sudah sesuai.tetapi di perjalanan barang dikurangi atau di curangi oleh pertanyaan sya cara agar barang yg di kirim oleh supplier.sampai di sesuai dngn surat sopir tdk bisa mengurangi jumlah di curi.. Sedangkan pengantar barang membawa surat jalan yang nantinya ditandatangani (Prove Of Delivery).

2. Disitu dijelaskan bahwa surat tanda terima barang yang diterima oleh pemasok(pengantar barang) diterima setelah proses pengecekan barang. Siang , maaf mas ,mba mungkin punya info lowongan di bagian gudang sebagai stok keeper dan helper, Dari pihak gudang juga memberikan tanda tangan di dokumen tersebut yang juga dilengkapi dengan nama, nomer telepon dan jabatan.

Dokumen ini ditanda tangani oleh pembawa barang yang dilengkapi dengan nama, nomer telepon yang bisa dihubungi, bisa juga ditambah dengan email dan dilengkapi dengan copy identitas dari pembawa barang. Kondisi barang yang diterima (Bisa dilengkapi dengan foto) Informasi nomer surat sebagai referensi barang masuk ke gudang jika ada, misal nomer surat jalan, nomer Purchase Order (PO)

Jika diperlukan, sebaiknya barang yang akan masuk tersebut difoto, baik pada saat barang masih ada di atas kendaraan pengangkut maupun pada saat diturunkan. Semisal hanya perlu mencatatkan kode barang dan jumlahnya saja, maka di petugas penerima barang masuk di gudang cukup melakukan pengecekan berdasarkan kode barang dan jumlahnya saja. Jika tidak ada informasi detail barang yang akan masuk, maka barang yang masuk dicatat satu persatu sesuai detail yang diperlukan, misal seperti nama barang, kode barang, jumlah, volume dan berat.

Proses 3, proses penerimaan barang masuk. Kesiapan ini berkaitan dengan sumber daya manusia, perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk menangani barang masuk dan juga lokasi penempatan barang yang akan masuk. Proses 2, memastikan bahwa barang yang akan masuk sudah siap diterima.

Selain itu informasi juga bisa didapatkan ketika barang yang akan masuk sudah tiba di gudang kita. Proses 1, menerima informasi barang masuk. Saya merangkumnya menjadi 4 (empat) proses yang menjadi tahapan dalam proses barang masuk.

Hai, kali ini saya mau mengulas tentang Standard Operating Procedure (SOP) barang masuk. Kata Subiyanto, dari pemeriksaan yang dilakukan kepada beberapa saksi mata, awal mula api diduga berasal dari belakang gudang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>